Friday, August 28, 2009

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah tanda adanya kelainan pada daya kerja jantung dan kelainan kondisi pembuluh darah. Pada seseorang dengan kelemahan otot jantung, organ jantung perlu bekerja keras untuk mempompa cukup darah ke seluruh tubuh. Hal demikian juga bisa terjadi bilamana ada penyempitan di pembuluh darah. Dalam hal ini, organ jantung juga harus bekerja lebih keras untuk dapat mempompa cukup darah melalui pembuluh – pembuluh darah yang menyempit tersebut. Hal-hal ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan tekan darah tinggi. Hal-hal tersebut biasanya berhubungan dengan penyakit/kondisi yang lain, seperti:
· Kegemukan, dimana kelebihan lemak dalam tubuh mengendap di pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah
· Penyakit kencing manis, dimana kelebihan gula di dalam tubuh menyebabkan kerusakan pada pembuluh-pembuluh darah kecil di organ tubuh, termasuk di jantung. Akibatnya, sebagian otot jantung mati atau tidak berfungsi baik.
Tekanan darah tinggi perlu benar-benar dirawat, dengan:
* Gaya hidup yang lebih sehat, seperti olah raga rutin yang teratur, tidak makan berlebihan, mengurangi konsumsi makan berlemak dan mengurangi konsumsi garam, dan lain-lain.
* Obat pengontrol tekanan darah dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi (bila perlu dan sesuai dengan anjuran dokter)

No comments:

Post a Comment

 

Web Site Hit Counter