Saturday, August 22, 2009

Penangan Penyakit Asma

Asma adalah penyakit peradangan menahun dari saluran pernafasan.Dalam proses peradangan yang menahun tersebut, tubuh penderirta asma bereaksi dengan menghasilkan cairan kental di saluran pernafasannya, yang selanjutnya membuat saluran nafas menyempit atau tersumbat. Akibatnya, penderita asma mengalami sesak nafas, dikurangi batuk-batuk, dan gejala-gejala asma yang lain.
Perawatan pasien asma yang efektif harus memfokuskan pada peengendalian penyakit asma tersebut. Pasien asma umumnya harus diobati dengan obat untuk mencegah munculnya gejala asma, mencegah serangan asma mendadak, dan meningkatkan funsi paru-paru. Jika asma-nya masih tidak terkontrol, pengobatan asma-nya harus ditingkatkan, dengan tambahan obat-obatan dan/atau tambahan dosis obat yang dipakai.
Bilamana gejala asma-nya sudah terkendali, pengobatannya bisa dikurangi secara bertahap sampai mencapai dosis yang paling rendah tapi efektif.
Cara penanganan asma ini dinamakan “a step approach” oleh Global Initiative for Asthma (GINA). Penanganan semacam ini perlu diterapkan secara berkelanjut untuk pengendalian penyakit asma secara efektif.

No comments:

Post a Comment

 

Web Site Hit Counter